Uang Hanya 1 Jutaan Dapat Penghasilan Tambahan - KIM DEPOK
Headlines News :
.

Toko Online

Toko Online

aneka kerajinan dan kreasi daerah Bojonegoro
Home » , » Uang Hanya 1 Jutaan Dapat Penghasilan Tambahan

Uang Hanya 1 Jutaan Dapat Penghasilan Tambahan

Berita Unknown | Tuesday, June 9, 2015 | 6:16 AM

KIM DEPOK, Klampok - Seperti yang dilakukan oleh Siti (nama panggilan), sejak menikah beberapa tahun lalu dan sekarang mempunyai satu orang anak, Siti menikmati hari harinya hanya merawat tanaman Jamur Tiram miliknya.

Ternyata tak butuh modal terlalu banyak untuk memulai usaha budidaya jamur, hanya sekitar Rp 1 jutaan. "Usaha jamur ini (kalau saya) hanya untuk samben. ini cocok sekali, karena tidak butuh tenaga banyak. Ora perlu ribet nang ndi ndi,kur nyirami angger isuk awan lan sore tok. Syaratnya, dekat dengan air (untuk penyiraman)," kata Siti, Selasa (9/6/2015).

Untuk menghasilkan siklus budidaya jamur yang konstan, idealnya dibutuhkan 500 baglog. Baglog adalah media tanam jamur, terbuat dari serbuk kayu yang dimasukkan ke dalam plastik dan dibentuk menyerupai potongan kayu gelondongan.

Satu baglog harganya Rp 2.500, sehingga dibutuhkan modal Rp 1.250.000 untuk 500 baglog. Modal usaha lainnya yakni untuk pembuatan rumah jamur, dibutuhkan sekitar Rp 150.000-250.000
Siti menyebut, rumah jamur ini bisa dibangun secara sederhana, yakni dengan menggunakan bambu-bambu yang disusun seperti rak.

Dengan tinggi bambu dua meter dan panjang empat meter, satu rak bisa menampung 100-150 baglog. Beri jarak antara rak satu dengan yang lain sekurang-kurangnya setengah meter, agar jamur tumbuh dengan sempurna dan digunakan untuk lalu lalang saat memanen.
Butuh penghasilan tambahan atau hanya ingin mengisi waktu aja? Cobalah  budidaya yang satu ini layak untuk Anda coba. (Kris)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

IKlan Komersil

 
Hak Penuh : KIM DEPOK Desa Klampok Kecamatan Kapas
Informasi Seputar Desa Klampok
Portal Online © 2014. KIM DEPOK
RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG PUTUNG